Thursday, August 6, 2015

The Art Of Take And Give In A Friendship

Hello guys! Long time no see. Jadi kali ini gue mau membahas sesuatu tentang kegiatan "take and give" didalam sebuah hubungan pertemanan. Sebenernya udah lama banget gue mau membahas tentang hal ini tapi emang agak ribet dan rasanya belum nemu ungkapan bahasa yang pas buat diungkapin. Jadi maaf kalo tulisan gue ini agak sedikit berliku cenderung nggak jelas.

Dalam yang namanya pertemanan bahkan segala bentuk hubungan yang dilakuin semua orang pasti ada unsur yang namanya take and give yaitu proses dimana ada saatnya kamu memberi dan diberi sama temen kamu. Nah masalahnya nih seringkali proses ini nggak berjalan dengan seimbang guys. Bisa jadi kamu terlalu banyak memberi atau malah kebanyakan cuma diberi/ nerima dari temen kamu tanpa timpal balik yang sebanding. Waduh serba salah juga kan tuh? Terlalu banyak memberi ya ada nggak enaknya apalagi kalo cuma nerima doang terus-terusan itu lebih nggak baik lagi karena salah-salah jatuhnya malah cuma manfaatin temen kamu atau lebih buruknya lagi malah jadi parasit buat temen kamu nggak baik kan? Karena coba deh kalo posisinya dibalik seandainya kalian digituin? pastinya kalian juga nggak mau kan?

Gue bikin tulisan ini bukan bermaksud untuk nyaranin kalian jadi orang perhitungan atau malah gue tipe orang yang pelit bukan kok sama sekali nggak ada maksud kayak gitu. Gue cuma nulis pengalaman gue, pengamatan gue, dan pendapat gue mengenai hal ini. Urusan diterima atau nggak nya ya terserah yang penting gue nggak ada maksud buruk sama sekali. Kalo gitu mari kita bahas lebih dalam lagi.

A. Pihak Yang Lebih Sering Memberi
Memberi itu memang ngasih kita sensasi kebahagiaan tersendiri kok. Susah dijelasin nya tapi ada sensasi senang aja ketika kita ngasih seseorang apalagi temen yang kita betul-betul akrab. Tapi, dilain sisi kalo terlalu sering tanpa diimbali feedback yang seimbang dari temen kita juga rasanya lama-lama jadi jengah juga lho. Sekali lagi gue tegasin gue bukan bermaksud pelit atau gimana tapi coba deh kalian bayangin rasanya kalo kalian lah yang jadi pihak yang terlalu sering memberi tanpa ada feedback apa-apa bukan nya mengharap imbalan ya maksudnya tapi maksud gue bergantian gitu lah jangan kitanya memberi doang trus orang lain jadi keenakan.
Kayak contoh gampang deh misalnya setiap ada tugas lo terus yang bantuin temen lo, tapi disaat lo nggak bisa si temen lo nggak ada aksi untuk membantu atau misal setiap jalan lebih banyak lo yang keluar uang untuk jajanin temen lo. Ya namanya jalan sama temen nggak enak juga kan misalnya lo makan trus dia nggak? Oke kalo yang ini pengecualian deh siapa tau memang temen lo uang sakunya terbatas atau gimana masih oke lah dan mungkin dia feedback dengan cara lain secara pribadi gue masih bisa ngertiin ini tapi gimana gue juga nemu nggak sedikit orang yang sebenarnya mampu tapi pelit dan hitungan banget bahkan buat dirinya sendiri. Nah yang begini nih yang susah buat kesenangan dirinya sendiri aja dia pelit apalagi buat berbagi sama orang lain. Bukan berarti kita juga mesti pelit kayak dia dan nggak boleh traktir orang tapi coba pikir deh orang tua kalian cari uang capek-capek begitu tuh untuk nyenengin kalian. Buat bikin anaknya seneng bukan buat dihabisin nyenengin anak orang lain apalagi tanpa dibarengin balasan setimpal dari temen lo. Kalo bagi gue sih lebih baik sih jujur aja omongin ke temen lo atau kalo emang temen lo tambeng/ muka tembok mending nggak usah terlalu akrab atau malah nggak usah main bareng lagi. Bikin capek lo doang.


B. Pihak Yang Terlalu Banyak Diberi / Menerima
Nggak ada yang salah kok dari yang namanya diberi/ menerima. Gue akui menerima memang rasanya asyik cuma ya dipikir juga lah kapan harus menerima, dan kapan saatnya harus memberi. Jangan mentang-mentang sering menerima terus keenakan sampe lupa buat memberi. Coba deh kalo misalnya ada di posisi yang sering memberi tanpa pernah kalian inget/ kasih timbal balik pasti akan gondok dan bete juga kan? Gue jamin nggak akan ada orang yang mau lama-lama betah temenan sama kalian kalo begitu caranya. Pastinya nggak mau kan dijauhin temen atau malah jadi nggak punya temen gara-gara hal begini doang? Jadi menurut gue sih seimbangin lah antara diberi dan memberi supaya pertemanan kalian lancar, dan awet.

Oke kayaknya segitu dulu tulisan gue kali ini. Gimana menurut kalian? Kalian masuk tipe yang mana nih?

No comments:

Post a Comment